Minggu, 07 Februari 2010

EZLN (Ejército Zapatista de Liberación Nacional)

The Zapatista Tentara Pembebasan Nasional (Ejercito Zapatista de Liberación Nacional, EZLN) adalah kelompok revolusioner bersenjata yang bermarkas di Chiapas, paling selatan, dan salah satu yang termiskin, negara bagian Meksiko. Sejak 1994, mereka telah dalam menyatakan perang "melawan negara Meksiko," meskipun perang ini telah terutama tanpa kekerasan dan defensif terhadap militer, paramiliter, dan serbuan perusahaan di wilayah mereka. Basis sosial mereka sebagian besar penduduk asli pedesaan tetapi mereka memiliki beberapa pendukung di daerah perkotaan serta dukungan jaringan internasional. Juru bicara utama mereka adalah Subcomandante Marcos (saat ini Delegasikan alias Nol dalam kaitannya dengan "Kampanye Lainnya"). Berbeda dengan juru bicara Zapatista, Marcos bukan pribumi Maya.
Grup ini mengambil namanya dari Emiliano Zapata, pembaharu agraria [1] dan komandan Tentara Pembebasan Selatan pada masa Revolusi Meksiko, dan melihat dirinya sebagai pewaris ideologis. Dalam referensi tokoh-tokoh inspirasional, di hampir semua desa EZLN ada gambar yang menyertai mural Zapata, Che Guevara, dan Subcomandante Marcos. [2]
Ideologi mereka menggabungkan sosialisme libertarian, libertarian municipalism, dan pribumi Maya pemikiran politik. Mereka menyesuaikan diri dengan yang lebih luas anti-globalisasi, anti-neoliberal gerakan sosial dan adat mencari kontrol atas sumber daya lokal mereka, terutama tanah. The New York Times disebut gerakan Zapatista pertama "pasca-modern" revolusi: sebuah kelompok revolusioner bersenjata yang telah menjauhkan diri dari mereka menggunakan senjata sejak 1994 pemberontakan itu mereka membalas dengan kekuatan militer yang unggul dari tentara Meksiko. Zapatista cepat mengadopsi suatu strategi baru dengan mencoba menggalang dukungan dari Meksiko dan masyarakat anarkis sosialis internasional. Mereka mencoba untuk mencapai ini dengan menggunakan Internet untuk menyebarkan pernyataan mereka dan untuk meminta dukungan dari LSM dan kelompok-kelompok solidaritas. Kesadaran dari Gerakan Zapatista juga telah diangkat karena dukungan dari band-band seperti Rage Against the Machine, Garotos Podres, sisa Crack, Brujeria, Anti-Flag, Immortal Technique, Manu Chao dan Active Anggota.
Subcomandante Marcos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar